Formula 1 Mengumumkan China, Miami, Austria, Austin, Sao Paulo dan Qatar Sebagai Tempat Sprint Tahun 2024

Sport

GP F1, Actaiurma.id – China, Miami, Austria, Austin, Sao Paulo, dan Qatar menjadi enam grand prix yang dipilih menjadi tuan rumah ajang ‘sprint’ pada musim Formula 1 2024.

F1 mengumumkan daftar balapan pada hari Selasa, dan mengatakan perubahan format acara sedang dalam pembahasan.

Sebuah rencana untuk memindahkan kualifikasi sprint ke hari Jumat dan mengadakan balapan yang lebih pendek pada hari Sabtu sebelum kualifikasi grand prix telah disetujui secara efektif.

Perubahan yang lebih radikal, seperti membalikkan grid sprint, sedang dipertimbangkan.

Hal ini akan dibahas pada pertemuan Komisi F1 – yang terdiri dari F1, badan pengelola FIA dan 10 tim – pada bulan Januari.

Presiden F1 Stefano Domenicali mengatakan: “Sejak didirikan pada tahun 2021, sprint ini konsisten dalam menghadirkan peningkatan penonton di TV, lebih banyak hiburan sesuai jalur untuk para penggemar di acara-acara, dan meningkatkan keterlibatan penggemar di platform sosial dan digital, dan kami menantikannya. ke acara menarik tahun depan.”

Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem menambahkan: “Kami harus terus berkembang dan beradaptasi untuk memastikan kami melakukan yang terbaik untuk olahraga ini, dan oleh karena itu kami bekerja dengan F1 dan tim untuk menentukan arah format sprint di masa depan.”

Dua rencana yang sifatnya berbeda sedang dipertimbangkan untuk perubahan format sprint, yaitu balapan yang menempuh sekitar sepertiga jarak grand prix.

Yang lebih dramatis adalah membalikkan sebagian grid untuk sprint – kemungkinan besar posisi 10 teratas. Diskusi sedang diadakan mengenai bagaimana hal ini dapat dilakukan secara efektif.

Pilihan lainnya adalah tidak menggunakan ide grid terbalik tetapi mengubah aturan saat ini yang melarang tim mengganti mobil mereka setelah sesi latihan tunggal yang diadakan sebelum kualifikasi pertama pada sprint weekend.

Sprint pertama tahun 2024 akan digelar di Grand Prix China pada 19-21 April. Balapan di Shanghai akan masuk kalender tahun depan untuk pertama kalinya sejak pandemi, setelah dibatalkan pada tahun 2023 karena kesulitan Tiongkok dalam keluar dari Covid.

Editor : YN