Kapal Perang Perancis Merawat Sekitar 1.000 Warga Gaza

Internasional

Mesir, Actadiuirma.id – Sekitar 1.000 orang dari Gaza telah dirawat di rumah sakit lapangan Prancis di atas kapal di lepas pantai Mesir, kata kapten kapal tersebut, yang memberikan perawatan kepada beberapa orang ketika infrastruktur kesehatan di daerah kantong yang hancur akibat perang itu runtuh.

Dixmude, sebuah kapal pengangkut helikopter Perancis, telah berlabuh di pelabuhan El-Arish, Mesir, 50 km sebelah barat Jalur Gaza, sejak November. Kapal tersebut dilengkapi dengan bangsal, ruang operasi dan 70 staf medis.

Hampir 120 orang yang terluka telah dirawat di rumah sakit, sementara ratusan lainnya telah diperiksa untuk konsultasi rawat jalan, termasuk tindak lanjut mengenai cedera dan masalah kejiwaan, kata Kapten Alexandre Blonce, menyebutnya sebagai “misi yang belum pernah terjadi sebelumnya”.

Kapal Perang Perancis Merawat 1.000 Warga Gaza
Kapal Perang Perancis Merawat 1.000 Warga Gaza

Tim medis yang terdiri dari dua orang dari Angkatan Bersenjata Singapura termasuk di antara mereka yang merawat korban di Dixmude.

Pasukan Israel melancarkan perang habis-habisan untuk melenyapkan kelompok Hamas yang berkuasa di Gaza setelah militannya menyerbu melintasi perbatasan ke kota-kota dan pangkalan-pangkalan di Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera 253 orang saat kembali ke daerah kantong tersebut. Lebih dari 25.000 warga Palestina tewas dalam perang tersebut.

Warga Gaza kesulitan mendapatkan perawatan medis di rumah karena puluhan ribu orang terluka, sebagian besar dari 36 rumah sakit di Gaza tidak lagi berfungsi, dan rumah sakit yang ada masih beroperasi melebihi kapasitas, kata Organisasi Kesehatan Dunia.