Pabrik Kembang Api Thailand Meledak 18 Orang Tewas

Internasional

BANGKOK, Actadiurma.id – Sebuah pabrik kembang api yang terletak di Thailand tengah meledak dan menewaskan 18 orang.

Ledakan terjadi pada Kamis, 18 Januari sekitar pukul 15.00 waktu setempat di kawasan terpencil di provinsi Suphan Buri, sekitar 120 km sebelah utara ibu kota, Bangkok.

Penyebab ledakan belum diketahui secara pasti. Foto-foto yang beredar luas di media sosial yang diunggah oleh petugas penyelamat setempat di Suphan Buri menunjukkan pemandangan sawah kosong, rata dengan puing-puing dan bagian tubuh, dengan kepulan asap hitam membubung di atasnya.

Ledakan tersebut terjadi kurang dari sebulan sebelum Tahun Baru Imlek, yang jatuh pada 10 Februari, saat permintaan kembang api sedang tinggi.

Gubernur provinsi mengatakan tidak ada korban yang ditemukan.

“Ada korban jiwa, kami sedang cek berapa orang yang meninggal,” kata kolonel polisi Theerapoj Rawangban seperti dikutip Al Jazeera.

Perdana Menteri Srettha, yang hadir di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, menyampaikan belasungkawa dan menyerukan penyelidikan secepatnya.

“Perdana Menteri memerintahkan inspeksi pabrik untuk melihat apakah pabrik tersebut beroperasi secara legal dan apakah ledakan tersebut disebabkan oleh kelalaian. Hukum harus ditegakkan semaksimal mungkin karena ada korban jiwa dan cedera yang tidak bersalah,” kata kantornya.