Tiongkok Melarang Chip Nvidia AI Melalui Pasar Abu-Abu

Hiburan & Teknologi

NVIDIA, Actadiurma.id – Ribuan chip AI asing diselundupkan ke Tiongkok pada tahun 2023, dan pada tahun 2025 mungkin terjadi peningkatan sepuluh kali lipat

Bukti telah terkumpul bahwa, meskipun terdapat kontrol ekspor dari Amerika Serikat, perusahaan-perusahaan, pusat penelitian, dan universitas yang terkait dengan militer Tiongkok masih dapat memperoleh chip kecerdasan buatan (AI) kelas atas dari Nvidia. Pakar teknologi mengatakan pemerintahan Biden sejauh ini gagal menghentikan distributor kecil menjual kembali dan menyelundupkan chip tersebut ke pasar bawah tanah Tiongkok.

Biro Industri dan Keamanan (BIS) Departemen Perdagangan AS melarang ekspor chip A100 dan H100 ke Tiongkok pada Oktober 2022 dan ekspor chip A800 dan H800 ke negara tersebut pada Oktober lalu, namun hasilnya belum memuaskan.

Sebuah studi awal, dari Center for a New American Security (CNAS), sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Washington, mengatakan pada bulan Oktober lalu bahwa ribuan chip AI yang dikendalikan bisa saja diselundupkan ke Tiongkok pada tahun 2023. Pada tahun 2025, katanya, angkanya mungkin akan bertambah hingga 12.500 – atau bahkan ratusan ribu – per tahun.

Beberapa perusahaan Tiongkok telah mendirikan beberapa perusahaan cangkang di negara ketiga, menggunakannya untuk melakukan pemesanan kecil pada distributor chip AI dan mengalihkan chip tersebut ke Tiongkok, katanya – dan beberapa penyedia cloud Tiongkok melakukan pemesanan massal chip AI untuk pusat data dan pusat data mereka di luar negeri. mengalihkan beberapa chip ini ke Tiongkok