Indonesia Raih Emas Cabang Olahraga Panjat Tebing Asian Games 2023

Nasional

Sport Asian Games 2023, Actadiurma.id – Desak Made Rita Dewi raih emas putri, cetak rekor baru di Asia, saat Reza Alipour dari IR Iran berhasil mempertahankan gelar Asian Games-nya.

Indonesia merayakan tiga medali di cabang olahraga panjat tebing individu Asian Games Hangzhou ke-19 pada Selasa (3 Oktober) di Shaoxing, Republik Rakyat Tiongkok. Petenis kualifikasi teratas dan favorit Desak Made Rita Dewi memecahkan hati tuan rumah – dan rekor Asia – dalam perjalanannya meraih emas, mengalahkan tuan rumah Niu Di di semifinal dan Deng Lijuan di final.

Dewi mencatatkan waktu 6,364 detik di final, mengalahkan rekor lama Deng yang hanya 6,47 detik dan juga mengalahkan pendaki Tiongkok yang kurang beruntung itu. Deng tampaknya memiliki start yang lebih baik di tembok berkecepatan tinggi 15 meter, namun meski bisa mengimbangi rivalnya, ia nyaris tak terkalahkan. Catatan waktu Deng sendiri yaitu 6.435 juga akan mengalahkan rekor terbaiknya sebelumnya.

“Saya sangat senang bisa menang di Asian Games pertama saya,” kata Dewi setelahnya, sebelum mengungkapkan: “Saya merasa tidak enak badan selama sekitar satu minggu sebelum datang ke Hangzhou. “Jadi saya melihat pencapaian saya di sini luar biasa.” tutur Dewi

Editor : Yossi Nurmansyah