KPU Tetapkan 15 Januari Sebagai Batas Waktu Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari, menargetkan seluruh logistik pemilu 2024 terkirim pada 15 Januari 2024, dengan fokus saat ini pada pendistribusian surat suara.

Target kami pendistribusian surat suara di dalam negeri paling lambat tanggal 15 Januari, kata Hasyim di Bali seperti dikutip kantor berita Antara, Kamis.

Hasyim mengatakan distribusi logistik bagi pemilih di luar negeri diprioritaskan pada 2 Januari hingga 11 Januari 2024 melalui layanan pos. Pemilih di luar negeri memilih lebih awal dibandingkan jadwal di dalam negeri.

“Proses pencetakan surat suara hampir selesai 100 persen. Masing-masing fasilitas percetakan akan mendistribusikan surat suara ke kabupaten dan kota. Saat ini seluruh wilayah di Indonesia sedang dalam tahap pendistribusian,” ujarnya.

KPU sejauh ini belum menemui kendala berarti dalam pendistribusian logistik. Kasus rusaknya kotak suara di gudang logistik Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan akibat banjir telah diatasi dengan melakukan penggantian kotak suara yang tidak dapat digunakan.

“Sudah ditangani pada 8 Januari. Kotak suara yang tidak bisa digunakan sudah diganti,” kata Hasyim.

Pemilihan Umum 2024 di tanah air akan berlangsung pada 14 Februari. Pencetakan surat suara saat ini sedang berlangsung di lokasi-lokasi yang telah ditentukan serta di Jakarta, dengan fokus pada pembuatan surat suara untuk pemilihan presiden dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). .

Pelipatan surat suara dan penataan logistik lainnya sedang berlangsung di berbagai daerah, bahkan ada yang sudah mencapai 99 persen penyelesaiannya. KPU Badung di Bali melaporkan telah menerima logistik, termasuk surat suara DPD.

“Surat suara di Badung sudah terlipat 99 persen. Kita tunggu datangnya surat suara DPD, dan kita akan bekerja sesuai standar yang ditetapkan KPU,” kata I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana, Ketua KPU Badung.