Investasi 1,2 Miliar Dollar, VinFast Siap Bangun Pabrik Baterai di Indonesia

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi komitmen investasi VinFast senilai $1,2 miliar untuk membangun pabrik baterai mobil listrik di Indonesia.

Hal itu disampaikan Jokowi saat pertemuan bilateral dengan Ketua Majelis Nasional Vietnam Vuong Dinh Hue di Ruang Lotus, Majelis Nasional, Hanoi, Vietnam, Jumat, 12 Januari 2024.

“Saya mengharapkan dukungan Yang Mulia untuk mendorong kebijakan percepatan transisi energi dan kemandirian industri energi terbarukan serta realisasi produksi baterai EV bersama antara VinFast dan PT IBC,” ujarnya, dikutip dari laman Sekretariat Presiden.

Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas kerja sama perikanan Indonesia-Vietnam. Jokowi mengharapkan dukungan parlemen untuk melancarkan proses ratifikasi dan mendorong pemerintah menyelesaikan perundingan. Hal ini diharapkan dapat menghasilkan kerja sama yang konkrit melalui MoU Kerjasama Perikanan yang mengedepankan hukum internasional dan hukum nasional masing-masing.

Terakhir, Presiden ke-7 Indonesia dan Ketua Majelis Vietnam juga membahas kerja sama antar parlemen. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengapresiasi MoU Kerja Sama Antar Parlemen dan berharap komitmen tersebut dapat meningkatkan kemitraan kedua negara.