Babel Bebas Stunting Menuju Generasi Emas 2045

Lokal

PANGKALPINANG, Actadiurma.id – Sebagai Ketua ASEAN Tahun 2023, Indonesia memilih tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, yang terbagi menjadi dua pilar besar, yakni “ASEAN Matters” dan “Epicentrum of Growth” dalam penyelenggaraannya.


Pada pilar “ASEAN Matters” digambarkan upaya Indonesia mempersiapkan ASEAN agar terus mampu menghadapi berbagai tantangan, sekaligus menjadi motor stabilitas dan perdamaian kawasan, dengan penguatan terhadap kapasitas dan efektivitas ASEAN, persatuan ASEAN, dan sentralitas ASEAN. Sedangkan, pada pilar “Epicentrum of Growth” menunjukkan fokus Indonesia mengarah kepada dua sektor, yakni partumbuhan ekonomi, dan arsitektur kesehatan.

*Kesehatan Menjadi Prioritas Utama*
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa mengatakan, Indonesia Sehat merupakan sasaran prioritas utama transformasi sosial pemerintah Indonesia terhadap pembangunan manusia. Hal ini sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025–2045, yaitu tercapainya 4 pilar Visi Indonesia Emas 2045 melalui pembangunan sistem kesehatan yang tangguh dengan target stunting di bawah 5%, selain prioritas kesehatan lain.

Dengan demikian diharapkan Bersama-sama, kita dapat mengatasi stunting dan memberikan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak. Masyarakat pun diajak untuk bergabung dalam program ini sebagai perjuangan melawan stunting. Menerapkan berbagai tips pencegahan stunting perlu untuk terus dilakukan semua pihak untuk menambah edukasi mewujudkan #BabelBebasStunting menuju Generasi Emas 2045.

Bidang Informasi Komunikasi Publik
Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belutung

Editor : Yossi Nurmansyah