Arab Saudi Membangun Qiddiya, Taman Hiburan Terbesar di Dunia

Internasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Kerajaan Arab Saudi siap membangun taman hiburan terbesar di dunia di kota Riyadh. Rencananya Qiddiya akan berukuran tiga kali lipat dari Walt Disney World di Florida.

Walt Disney World Resort mencakup 27,520 hektar tanah di Orlando, Florida. Kompleks taman hiburan ikonik ini mencakup area seluas kurang lebih 43 mil persegi, atau seukuran San Francisco, California.

Area Qiddiya yang luas akan dipenuhi dengan ratusan wahana yang membutuhkan waktu berhari-hari untuk dicoba. Wahana terbarunya antara lain rollercoaster terbesar di dunia.

Melaporkan dari The Sun, Rabu 10 Januari 2024, Qiddiya bukan sekadar taman hiburan, tapi juga taman air, kota olah raga, wahana petualangan alam, dan atraksi budaya. Ia juga memiliki pusat perbelanjaan, food court, bioskop, pusat akuatik dan fasilitas balap mobil.

“Ini adalah usaha terbesar di dunia dalam hal hiburan, olah raga, seni, semuanya bersama-sama dan terintegrasi. Hal ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Jadi kompleksitasnya sangat menarik,” kata Philippe Gas, veteran Disney dan CEO Qiddiya, kepada Blooloop.

Penerbangan Falcon Rollercoaster tercepat di dunia, Penerbangan Falcon, dijadwalkan dibuka tahun ini di Qiddiya. Perjalanan ini diklaim memiliki kecepatan tertinggi 156mph dan terjun di atas tebing gurun, dengan ketinggian lebih dari 500 kaki dan ketinggian 640 kaki.

Pemegang rekor tinggi badan saat ini adalah Kingda Ka, yang berada di Six Flags Great Adventure di Jackson, New Jersey, dengan ketinggian 456 kaki.

Daya tarik di Arab Saudi juga akan lebih tinggi dari ikon London Eye yang tingginya 442 kaki. Rollercoaster super ini juga akan menjadi yang terpanjang, dengan rekor panjang 2,64 mil.