Presiden Jokowi Kunjungan ke ASEAN untuk Perkuat Hubungan Dagang

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Presiden Joko “Jokowi” Widodo terbang pada hari Selasa untuk melakukan perjalanan ke beberapa negara anggota ASEAN, yaitu Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam selama beberapa hari ke depan.

Jokowi pertama-tama akan mampir ke Manila untuk merayakan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Filipina. Kedua negara memiliki hubungan ekonomi yang erat, antara lain berkat pembelian senjata militer Filipina, menurut Jokowi.

“Indonesia telah melakukan investasi yang cukup besar di Filipina,” kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, sesaat sebelum penerbangan.

Indonesia menganggap Vietnam sebagai mitra dagang utama, dan pembicaraan mendatang akan fokus pada peningkatan lebih lanjut perdagangan bilateral, menurut Jokowi. Presiden berencana mengakhiri tur ASEAN-nya dengan menghadiri pernikahan pangeran Brunei Abdul Mateen. Jokowi juga akan membuat janji dengan perusahaan-perusahaan di Brunei dengan harapan dapat membawa pulang sejumlah investasi.

“Saya akan kembali ke Jakarta pada 14 Januari [akhir pekan ini],” kata Jokowi.

Data pemerintah menunjukkan perdagangan Indonesia-Filipina mencapai $14,4 miliar pada tahun 2022. Perdagangan Indonesia dengan Vietnam mencapai $13,3 miliar pada tahun yang sama. Pada tahun 2022 juga, antara Indonesia dan Brunei Darussalam mencapai $897,3 juta.

Filipina telah membeli kapal perang dari pembuat kapal milik negara PAL. Menurut Badan Informasi Filipina, presiden negara tersebut Ferdinand Marcos Jr mendapatkan janji investasi senilai $22 juta ketika ia bertemu dengan para pemimpin bisnis Indonesia selama kunjungannya ke Jakarta pada bulan September 2023. Marcos pada saat itu sedang berada di Jakarta untuk menghadiri KTT ASEAN.