Roket Vulcan Centaur ULA Berhasil Meluncurkan Lunar Lander Astrobotic

Hiburan & Teknologi

NASA, Actadiurma.id – Pada dini hari Senin yang akan dicatat dalam sejarah eksplorasi ruang angkasa, roket Vulcan Centaur generasi berikutnya dari United Launch Alliance (ULA) melonjak ke langit dari Cape Canaveral Space Force Center.

Momen kemenangan tidak hanya bagi ULA, perusahaan patungan antara Boeing dan Lockheed Martin, tetapi juga merupakan bukti kemajuan yang diambil di bidang eksplorasi ruang angkasa dan layanan ruang angkasa komersial.

Muatan utama roket tersebut, pendarat bulan Peregrine milik Astrobotic, memulai perjalanannya selama satu setengah bulan, bertujuan untuk mendarat di dekat Kubah Gruithuisen di bulan pada tanggal 23 Februari.

Misi ini memiliki arti penting bagi ULA karena Vulcan Centaur siap menggantikan Atlas V yang sudah pensiun. dan roket Delta IV Heavy dan bersaing dengan penyedia peluncuran lainnya seperti SpaceX.

Vulcan Centaur, yang menampilkan fleksibilitas dengan konfigurasi yang dapat disesuaikan untuk berbagai profil misi, telah melakukan 38 peluncuran untuk Project Kuiper Amazon dan lebih dari dua lusin kontrak dengan Angkatan Luar Angkasa AS.

Peluncuran sertifikasi kedua, yang kemungkinan dijadwalkan pada bulan April, akan menyoroti pesawat luar angkasa Dream Chaser Sierra Space yang menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional.