Sortir dan Lipat Kertas Surat Suara Datangkan Rejeki Tambahan Bagi Warga

Lokal

Kurniawan

BANGKA TENGAH, Actadiurma.id – Son salah seorang petugas penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu Tahun 2024 di Gedung Serba Guna Selawang Segantang Kota Koba Kabupaten Bangka Tengah mampu melipat surat suara sebanyak 200-300 lembar dalam sehari. Hal ini pun di akuinya dapat memberikan penghasilan tambahan bagi dirinya.

“Dalam Satu hari saya mampu melipat surat suara sebanyak 200 hingga 300 lembar, paling banyak ikut 300 lembar,” ujar Son saat di jumpai di tengah kesibukannya, Senin (08/01/2024).

Menurutnya dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara tidak begitu sulit, hal ini di karenakan telah ada pola pelipatan baku yang di tetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah.

“Pelipatan surat suara ini tidak sulit, karena sudah ada pola pelipatan yang sudah di tentukan,” ujarnya.

Dalam penyortiran dan pelipatan surat suara sendiri, KPU Kabupaten Bangka Tengah melibatkan sebanyak 221 orang tenaga dan di dominasi perempuan. Dimana para petugas tersebut akan mendapatkan upah sebesar Rp. 450,- perlembar yang berhasil di lipat. Terkecuali untuk surat suara Pilpres yang di upah sebesar Rp. 300,- perlembar.