Eropa Utara Dilanda Suhu Dingin Ekstrem

Internasional

UNI EROPA, Actadiurma.id – Eropa utara dilanda gelombang dingin ekstrem yang mengakibatkan kekacauan lalu lintas dan transportasi. Suhu dingin di Denmark, Swedia, dan Norwegia mencapai minus 40 derajat Celsius, kebanyakan sekolah diliburkan.

Suhu dingin ekstrem ditambah angin kencang dan hujan salju mengakibatkan kekacauan di Eropa utara, Kamis (4/1). Ribuan rumah tangga terputus aliran listriknya, sementara yang lain harus menghadapi cuaca dingin selama berjam-jam terjebak di dalam mobil mereka di sepanjang jalan raya yang tersumbat tumpukan salju.

Suhu udara beku mengganggu transportasi di seluruh wilayah Skandinavia dengan kekacauan lalu lintas menyusul penutupan beberapa jalan bebas hambatan dan jalan-jalan utama. Layanan kereta api juga mengalami gangguan, dan di banyak tempat layanan harus dihentikan sementara. Ratusan mobil diberitakan terjebak hujan salju lebat di sepanjang jalan-jalan utama di Swedia selatan dan Denmark.

Di Swedia, personel militer dikirim untuk membantu petugas penyelamatan yang berupaya membantu pengendara yang terjebak antara kota Horby dan Kristianstad di ujung selatan negara itu. Setelah pengemudi yang meminta bantuan dievakuasi, masih banyak orang yang harus bertahan di dalam kendaraan mereka, sebagian besar pengemudi truk.

Angkatan bersenjata Swedia melaporkan, pihaknya mengerahkan kendaraan khusus dan “telah menjemput orang-orang dari mobil yang terjebak, dan sekitar 100 orang kini berada di titik berkumpul yang dibuka oleh kotamadya Horby.” Suhu udara mendadak anjlok minus lima derajat Celsius sekitar pukul lima pagi, kata polisi dalam sebuah pernyataan.