Intel Meluncurkan Usaha AI Independen

Hiburan & Teknologi

INTEL AI, Actadiurma.id – Intel telah mengambil langkah lain menuju masa depan, dengan mendirikan entitas otonom baru, Articul8 AI, yang berkomitmen terhadap inisiatif perangkat lunak kecerdasan buatan (AI). Kelahiran Articul8 AI merupakan hasil upaya kolaborasi antara Intel dan Boston Consulting Group (BCG), dengan dukungan dari DigitalBridge Group dan konsorsium investor lainnya.

Detail seputar penilaian kesepakatan dan kepemilikan Intel di Articul8 AI masih dirahasiakan. Namun, Intel dipastikan akan terus menjadi pemegang saham dalam usaha baru tersebut, yang akan beroperasi di bawah dewan direksi independen.

Articul8 AI: Era Baru Pemrosesan AI
Penciptaan Articul8 AI menandakan perubahan signifikan bagi Intel, karena berupaya mengatasi kekhawatiran calon pelanggan mengenai keselamatan, efektivitas biaya, dan keberlanjutan penerapan AI dalam produksi.

Selain itu, langkah ini merupakan respons terhadap kekhawatiran dunia usaha dalam mengandalkan perusahaan cloud besar untuk pemrosesan AI, yang didorong oleh privasi data dan potensi masalah biaya. Fokus strategis Articul8 AI adalah menawarkan platform perangkat lunak kecerdasan buatan generatif (GenAI) yang lengkap, dioptimalkan secara vertikal, dan aman yang menjaga pelatihan dan inferensi data pelanggan tetap dalam batas keamanan perusahaan.

Kejadian Kolaboratif
Articul8 AI adalah produk aliansi antara Intel dan BCG pada teknologi AI korporat. Dengan menggunakan superkomputer Intel, keduanya mengembangkan sistem AI generatif yang mampu memproses teks dan gambar.

Teknologi ini telah diadaptasi untuk dijalankan di pusat data BCG, untuk mengatasi masalah privasi dan keamanan. Platform ini, yang dioptimalkan pada arsitektur perangkat keras Intel, termasuk prosesor Intel Xeon Scalable dan akselerator Intel Gaudi, mendukung berbagai alternatif infrastruktur hibrid.