Tim SAR Temukan Jasad ABK yang Terjatuh dari Dermaga

Lokal

PANGKALPINANG, Actadiurma.id – Upaya pencarian terhadap korban yang terjatuh dari kapal di dermaga muara pangkalbalam pada hari senin malam akhirnya membuahkan hasil. Korban yang bernama Imron ditemukan pada hari kedua tepat pukul 10.33 WIB oleh tim SAR Gabungan dalam keadaan mengambang di sekitaran perairan rusunama pada jarak 1 Nautical Mile dari Lokasi korban jatuh dalam keadaan meninggal dunia.

Korban sebelumnya pada 1 desember 2023 pukul 18.30 WIB sedang bersantai di kapal mereka yang sedang Sandar di Muara Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang. Tiba-Tiba korban yang sedang duduk di tepian kapal terjatuh ke air yang saat itu mengalami kondisi surut. Saat korban terjatuh, 2 Rekan korban berusaha menyelamatkan korban, dikarenakan kondisi arus yang deras korban tidak dapat diselamatkan. Kemudan rekan korban melaporkan kejadian tersebut ke kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang.

Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Tim Rescue Kansar Pangkalpinang, ABK Kapal RBB 01 Pangkalpinang, POLAIRUD Polda Babel, TNI AL, KPLP Pangkalbalam, ABK KN Damaru, Bakamla Babel, Kwarda Babel dan Laskar Sekaban, segera mengevakuasi korban dan membawa korban menuju RSUD Depati Hamzah.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa, S.H., M.Si menuturkan “Akhirnya kita bersama Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban pada pencarian hari kedua mengambang dengan jarak 1 Nautical Mile dari lokasi korban jatuh dalam keadaan meninggal dunia pada pukul 10.33 WIB. Kemudian tim gabungan mengevakuasi korban menuju RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang. Kami berterima kasih atas dukungan dan sinergitas dari Tim sar gabungan yang membantu dalam proses pencarian terhadap korban. Operasi sar resmi ditutup dan unsur yang terlibat dapat kembali kesatuan masing-masing. ” tutur oka.

Pada pencarian Hari Kedua, Tim SAR Gabungan didukung alut dari beberapa unsur potensi sar diantaranya, Rubber Boat Kansar Pangkalpinang, Sekoci KN SAR Karna, RHIB KN Ular Laut 405 Bakamla, Rubberboat Ditpolairud Polda Babel, Rubberboat KN Damaru dan Rubberboat Laskar Sekaban.