Raksasa Smartphone Cina Xiaomi Meluncurkan Mobil Listrik Pertamanya

Hiburan & Teknologi

BEIJING, Actadiurma.id – Raksasa elektronik konsumen Tiongkok Xiaomi meluncurkan model mobil listrik pertamanya pada Kamis (28 Desember), dan bosnya menyatakan ambisinya untuk menjadi salah satu dari lima produsen mobil terbesar di dunia.

Sedan yang dijuluki SU7 dengan kependekan SU dari Speed Ultra ini merupakan model yang sangat dinantikan dan disebut-sebut oleh kepala eksekutif Lei Jun memiliki teknologi “motor listrik super” yang mampu memberikan kecepatan akselerasi lebih cepat daripada mobil Tesla dan EV Porsche.

CEO Smartphone Cina Xiaomi – Actadiurma.id

Namun mobil tersebut – yang kemungkinan akan mulai dijual dalam beberapa bulan – memulai debutnya pada saat pasar otomotif Tiongkok – yang terbesar di dunia – sedang bergulat dengan kelebihan kapasitas dan melambatnya permintaan yang telah memicu perang harga yang parah.

Hal ini tidak menghentikan Lei untuk menguraikan ambisi besarnya.

“Dengan bekerja keras selama 15 hingga 20 tahun ke depan, kami akan menjadi salah satu dari lima produsen mobil terbesar di dunia, yang berupaya untuk mengangkat industri otomotif Tiongkok secara keseluruhan,” ujarnya pada acara peresmian.

Rencana tersebut termasuk membangun “mobil impian yang sebanding dengan Porsche dan Tesla”, tambahnya.SU7 juga diharapkan menarik pelanggan karena sistem operasinya yang sama dengan ponsel populer Xiaomi dan perangkat elektronik lainnya. Para pengemudinya akan memiliki akses tanpa batas ke portofolio aplikasi seluler perusahaan yang ada.