Kecerdasan Buatan “AI” Interaktif akan Hadir di Tahun 2024

Hiburan & Teknologi

TEKNOLOGI, Actadiurma.id – Chatbot atau bot obrolan kecerdasan buatan menjadi berita utama di tahun 2023. Menurut pakar teknologi, gelombang artificial intelligence berikutnya bakal lebih interaktif dan mirip manusia.

Hampir setahun lalu, hanya segelintir orang yang pernah mendengar tentang ChatGPT, Bard, dan Llama, chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang menawarkan dunia menjadi jauh lebih produktif. Hanya saja, kemajuan teknologi ini kemungkinan besar bakal membuat jutaan orang kehilangan mata pencaharian.

AI ini telah membantu penggunanya di seluruh dunia untuk menghasilkan konten yang sering kali memakan waktu produksi berjam-jam demi mencapai targetnya. Ancaman dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran sementara ini tidak terjadi atau mungkin belum terjadi.

Belasan alternatif telah bemunculan selama satu tahun belakangan. Sebut saja, keahlian pengodean aplikasi, produksi video dan gambar, hingga pembuatan musik.

Meskipun punya kekuatan luar biasa dari model bahasa luas yang menjadi dasar bagi chatbot ini, para kritikus berpendapat kalau mereka menjiplak dari internet untuk menghasilkan konten yang sering kali berisi kesalahan faktual atau menunjukkan bias politik hingga ras.

Pendiri Tesla, Elon Musk, telah mencoba mengatasi hal ini dengan meluncurkan versi beta dari AI miliknya bulan lalu. Aplikasi tersebut bernama Grok, yang disebut sebagai chatbot dengan “selera humor” dan “sifat pemberontak”. Namun, AI buatannya juga dituduh memiliki bias politik.

Seiring dengan persaingan dunia AI, yang menginvestasikan puluhan miliar dolar secara global, para tokoh industri teknologi dapat membaca ke mana arah teknologi ini selanjutnya.

Contohnya, salah satu pendiri Google DeepMind Mustafa Suleyman yang memercayai bahwa AI masa depan bakal memiliki kemampuan canggih untuk berinteraksi dengan manusia.