Ekspansi Kendaraan Listrik Tiongkok di Asia Tengah

Hiburan & Teknologi

TEKNOLOGI, Actadiurma.id – Kendaraan listrik Tiongkok mulai merambah Kyrgyzstan dan Uzbekistan, namun karena alasan yang berbeda.

Tiongkok memproduksi hampir 60 persen kendaraan listrik (EV) dunia pada tahun 2022. Di Asia Tengah, pasar kendaraan listrik tergolong kecil namun terus berkembang, dan perusahaan Tiongkok sangat dominan. Meskipun impor dari Tiongkok hanya menyumbang 3 persen dari penjualan kendaraan listrik Eropa pada tahun 2022, lebih dari 90 persen kendaraan listrik yang dijual di Uzbekistan pada tahun itu berasal dari Tiongkok. Di Uzbekistan, merek seperti BYD mengubah persepsi terhadap produk “Buatan Tiongkok”.

Merek Tiongkok juga mendominasi impor kendaraan listrik ke Kyrgyzstan, namun tidak seperti di Uzbekistan, di mana permintaan lokal mendorong penjualan, hanya sedikit kendaraan listrik dari Tiongkok yang dapat dilihat di jalanan Bishkek atau Osh. Sebaliknya, Kyrgyzstan berfungsi sebagai basis yang nyaman untuk mengekspor kembali ke Rusia.

Dari Januari hingga Agustus 2023, Kyrgyzstan mengimpor 4.085 kendaraan listrik dari Tiongkok – hampir enam kali lebih banyak dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Bishkek secara konsisten menempati peringkat sebagai salah satu kota paling tercemar di dunia, dan Kyrgyzstan berupaya mengatasi polusi dengan mendorong penggunaan kendaraan listrik melalui preferensi seperti tarif pajak impor nol.