Megawati Menjadi Absen Terkemuka dalam Debat Pilpres Perdana

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), tidak hadir dalam debat calon presiden perdana pada Selasa malam, karena tidak menunjukkan dukungan langsung terhadap calon presiden Ganjar Pranowo.

Meski seluruh pimpinan partai koalisi Ganjar hadir di arena oval darurat yang menjadi tempat debat di depan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta, Megawati tetap tidak hadir. Sementara itu, perwakilan dari koalisi saingan juga hadir.

“Nyonya Megawati tidak bisa hadir karena ada jadwal yang bentrok. Saat ini beliau sedang berada di Australia menemani cucunya untuk wisuda sekolah,” kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di tempat debat.

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono, Ketua Umum Partai Indonesia Bersatu (Perindo) Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta Odang hadir untuk menyampaikan dukungannya kepada Ganjar dan cawapresnya, Mohammad Mahfud MD.

Ganjar akan bersaing dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan pada pemilu 14 Februari mendatang.

Dalam rangkaian lima debat yang dijadwalkan, para kandidat akan membahas tema-tema penting, termasuk supremasi hukum, demokrasi, langkah-langkah anti-korupsi, dan isu-isu hak asasi manusia pada debat pertama.

Debat selanjutnya yang dijadwalkan pada 22 Desember akan berpusat pada pembahasan mengenai program ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, perdagangan, kebijakan perpajakan, pengelolaan APBN, dan pembangunan infrastruktur.