CEO Nvidia Jensen Huang Ingin Mendirikan Basis di Vietnam

Hiburan & Teknologi

TEKNOLOGI, Actadiurma.id – Nvidia ingin mendirikan basis di Vietnam untuk mengembangkan industri semikonduktor di negaranya karena mereka menganggap pasar Vietnam sebagai pasar yang penting, kata pemerintah Vietnam, mengutip kepala eksekutif pembuat chip AS tersebut.


Dalam kunjungan pertamanya ke negara Asia Tenggara, CEO Nvidia, Jensen Huang, mengatakan perusahaannya memandang Vietnam sebagai rumahnya dan menegaskan rencananya untuk mendirikan pusat layanan di negara tersebut.

“Dasarnya adalah untuk menarik talenta dari seluruh dunia untuk berkontribusi pada pengembangan ekosistem semikonduktor dan digitalisasi Vietnam,” pernyataan pemerintah Vietnam mengutip Huang setelah pertemuannya dengan Perdana Menteri Pham Minh Chinh.

Nvidia, yang telah menginvestasikan US$250 juta di Vietnam, akan membahas kesepakatan kerja sama di bidang semikonduktor dengan perusahaan dan otoritas teknologi Vietnam dalam pertemuan pada hari Senin, Reuters melaporkan pada hari Jumat.

Vietnam, yang merupakan rumah bagi pabrik perakitan chip besar termasuk pabrik Intel yang terbesar di dunia, sedang mencoba memperluas bidang perancangan chip dan kemungkinan pembuatan chip karena ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok menciptakan peluang bagi Vietnam di industri ini.
Pembuat chip tersebut telah bermitra dengan perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka di Vietnam untuk menerapkan kecerdasan buatan di industri cloud, otomotif, dan layanan kesehatan, seperti yang ditunjukkan dalam sebuah dokumen yang diterbitkan oleh Gedung Putih pada bulan September, ketika Washington meningkatkan hubungan diplomatik dengan Vietnam.

Editor : YN