MHH Muhammadiyah & Prodi Kriminologi UNMUH Babel Akan Gelar Konsolidasi Hukum Jelang Pemilu 2024

Lokal

PANGKALPINANG, Actadiurma.id – Majelis Hukum & HAM Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Babel (MHH PWM) bersama Program Studi Kriminologi Universitas Muhammadiyah Babel menginisiasi kegiatan Muhammadiyah Legal Forum dengan Tema: Konsolidasi Hukum Jelang Pemilu Serentak 2024. MHH PWM mengundang narasumber kunci antara lain; PJ Gubernur, Kapolda, Kajati, Ketua DPRD Prov, Ketua KPU Prov, Ketua Bawaslu Prov, dan Akademisi Hukum. Kegiatan ini akan digelar pada hari Sabtu, 02 Desember 2023 pukul 08.00 WIB bertempat di Kampus Universitas Muhammadiyah Babel, ujar Didi Firmansyah, SH sebagai ketua pelaksana.

Didi menjelaskan, agenda ini merupakan diseminasi terhadap ikhtiar mencari solusi dan strategi dalam menciptakan situasi kondusif dalam pelaksanaan Pemilihan Umum yang berkeadilan untuk kemashalatan umat.

Momentum pesta demokrasi Pemilihan Umum Serentak yang dijadwalkan pada 14 Februari 2024 mendatang telah semakin dekat dan diwarnai dengan sejumlah dinamika politik dan hukum yang begitu dinamis. Terbaru, pasca penetapan nomor urut dan pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden, intensitas dinamika politik telah semakin bergema dan menjangkau semua kalangan, di semua media yang memungkinkan menjadi sarana kampanye. (Sekretaris MHH PWM).

Momentum jelang pesta demokrasi menjadi penting untuk melakukan pemetaan terhadap kerawanan potensi pelanggaran pemilu. Untuk itu, diperlukan konsolidasi hukum dan penguatan pendidikan kesadaran politik, baik di kalangan pemerintah, aparat hukum, pelaksana dan pengawas pemilu maupun masyarakat. Semoga kegiatan ini, dapat memberikan manfaat bagi perjalanan dan persiapan pemilu kedepan , tutup M. Wirtsa Firdaus.