Kelurahan Dul Singkap Sejarah Kampung Dul Melalui Seni Budaya

Lokal

Rachmat Kurniawan

BANGKA TENGAH, iNews.id – Guna menyingkap sejarah Kampung Dul yang berada di Kelurahan Dul Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah. Kelurahan Dul menggelar pentas seni dan budaya guna menyingkap sejarah dan budaya Kampung Dul.

Pentas seni dan budaya yang di gelar di Taman Capung Kelurahan Dul pada Sabtu (25/11/2023) ini di buka langsung oleh Bupati Kabupaten Bangka Tengah Algafry Rahman yang hadir bersama sang istri drg. Eva Algafry.

Algafry pun sangat mengapresiasi di gelarnya pentas seni dan budaya Kampung Dul ini. Di mana sejarah dan budaya Kampung Dul dapat di kenalkan kepada generasi muda dan tidak punah.

“Kita bersyukur dengan adanya kegiatan ini. Kita lihat bahasa kegiatan ini menyingkap budaya Kampung Dul, jadi ada generasi saat ini yang ingin melihat sejarah leluhur-leluhur dulu di Kampung Dul ini, dan ini ada jejak-jejak sejarahnya,” ujar Algafry.

Dirinyapun cukup kagum dengan silsilah leluhur Kampung Dul, yakni Kakek Buntal yang dapat di gali lengkap hingga keturunan saat ini.

“Dengan lengkapnya silsilah sejarah kampung Dul dengan Kakek Buntalnya dan silsilah hingga keturunan saat ini, saya pikir ini bisa di ambil dan di lihat bagaimana kita melihat kembali dan merajut kembali sejarah dan budaya yang dulu untuk bisa kita lestarikan hingga saat ini. Sejarah dan budaya ini sangat penting sekali dan besar sekali hikmahnya yang bisa kita ambil. Seperti contohnya yang di ajarkan Kakek Buntal, kalau kita punya harta atau aset, untuk dapat di jaga dengan baik dan tidak mudah hilang. Sehingga dapat lestari hingga anak cucu kita nanti,” ujarnya.

Sementara Lurah Dul, Hendra mengungkapkan jika melalui kegiatan ini di harapkan budaya Kampung Dul dapat terus lestari.

“Melalui silaturahmi dan menyingkap budaya Kampung Dul ini dalam rangka ingin mengetahui sejarah Kampung Dul dengan peradabannya, sehingga dapat terus dikenal oleh generasi saat ini,” ujarnya.

Di tambahkan Hendra, dalam kegiatan ini turut di resmikan tarian sambut Air Kabung dan Kelamat Ubi milik seniman Kampung Dul oleh Bupati Kabupaten Bangka Tengah.

“Tadi juga turut di resmikan oleh Pak Bupati tarian Air Kabung dan Kelamat Ubi hasil kreasi seniman Kampung Dul untuk di patenkan dan selanjutnya di pake oleh masyarakat lainya,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini pula turut di laksanakan penyaluran berbagai bantuan kepada TP PKK, pelaku seni, hingga masyarakat kurang mampu.