Pohon Tumbang sempat Tutup Akses Jalan Pantai Baru Mentok

Lokal

BANGKA BARAT, Actadiurma.id – Sebuah pohon di pinggir jalan Pantai Baru, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, tumbang. Akibatnya, salah satu akses jalan menuju Pantai Tanjung Kalian ini sempat terhalang pohon tumbang itu.

Lina, salah satu warga setempat menyampaikan peristiwa pohon tumbang itu terjadi pada Minggu (19/11/2023) pagi. Tidak hanya pohon, Lina mengatakan satu tiang listrik juga tumbang, membawa bersama kabel bermuatan listrik.

“Kejadian sekitar setengah 8 pagi, ada pesepeda yang kebetulan melintas kemudian dia sempat berteriak. Saya keluar pondok sempat itu lihat detik-detik pohon tumbang. Tapi alhamdulillah tidak ada korban, cuma aliran listrik aja tidak ada karena satu tiang listrik ikut tumbang,” kata Lina.

Lina menyampaikan bahwa pohon tersebut tumbang diduga karena akarnya yang sudah rapuh karena lahan di sekitar lokasi sempat terjadi peristiwa kebakaran.

“Sekitar dua hari lalu, area situ sempat kebakaran. Mungkin akar yang di dalam pohon itu mulai rapuh terus tumbang. Bukan karena angin kencang, karena tidak ada angin. Saya tau karena sehari-hari tinggal dan berjualan di sini (Pantai Baru),” tuturnya.

Meskipun sempat menutup seluruh badan jalan, namun tidak sampai menimbulkan kemacetan panjang. Karena personel dari BPBD Bangka Barat, PLN Rayon Mentok bersama dengan masyarakat sekitar sigap melakukan pemotongan dahan pohon dengan agar kendaraan bisa melintas.

“Kami dapat informasi dari warga jam setengah 8 bahwa ada pohon tumbang melintang di tengah jalan. Kemudian kami melakukan pemotongan pohon dan membersihkan puing-puing yang tersisa. Alhamdulillah tidak menimbulkan korban,” kata Febri, petugas dari BPBD Bangka Barat.