Festival Anak Negeri Sungai Buding 2023, Kenalkan Budaya dan Potensi Desa Buding

Lokal

Belitung Timur, Actadiurma.id – Tarian kolosal dan sepen buding oleh anak-anak Desa Buding pukau para penonton,tarian yang telah masuk warisan budaya tak benda ini ditampilkan dalam Festival anak negeri sungai buding 2023.


Festival ini rencananya dilaksnakan selama lima hari milai 15 November sampai dengan 19 November 2023,bertempat di eks Tangki minyak,kawasan wisata ekonomi terpadu sungai Buding,Kecamatan Kelapa Kampit,Belitung Timur.
Festival ini merupakan kali ke 3, yang dilaksanakan oleh Desa Buding serangkaian kegiatan mulai dari perlombaan tradisional,pentas seni, serta pemberdayaan UMKM dari Desa Buding.


Bupati Belitung Timur Burhanudin membuka secara langsung festival tersebut,dia mengatakan festival ini mengambil dari sejarah Desa Buding itu sendiri,sebagai suatu Desa yang dulunya merupakan Kerajaan,yang pernah ada di Pulau Belitung,dikenal dengan nama Kerajaan Buding.
Menurut Burhanudin Sejarah Buding sendiri banyak memberikan warna terhadap kehidupan masyarakat sejak zaman dulu hingga zaman sekarang, satu diantara yakni tarian Sepen.
“Di Pulau Belitung hanya dikenal dua tarian sepen yakni tarian Sepen Buding dan tarian Sepen Batu Penyu.dan keduanya berada di Belitung Timur, oleh karena itu,kita harus bangga dengan adanya seni tari Sepen ini,” ujar Burhanudin.
Tak hanya Pentas seni, Festival ini pun diharapkan dapat mengenalkan wisata yang ada di Desa Buding,serta mengenalkan prodak lokal UMKM Desa Buding seperti batik.