Harga Gula di Pangkalpinang naik hingga Rp.16.500  per kilogram

Lokal

PANGKALPINANG, Actadiurma.id – Harga gula di Bangka Belitung saat ini masih  bertahan tinggi. Bahkan di Kota Pangkalpinang  sudah mencapai Rp.16.500  per kilogram

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tarmin mengatakan untuk stok gula saat ini masih aman, namun untuk harga gula terjadi sedikit kenaikan di tingkat distributor dan pengecer. 

“Hasil pemantauan yang kita lakukan oleh Tim kita, hasilnya stok gula masih aman dan normal seperti biasanya di tingkat distributor dan pengecer., berarti statusnya aman,”  Kata Tarmin Kamis (16/11/2023)

Lebih lanjut ia mengataka  untuk harga gula pasir sendiri masih relatif aman yang di jual oleh di sejumlah pedagang di pasar tradisional dan ritel yaitu kisaran Rp. 16.000 per kilogram  sampai dengan harga Rp.16.500 per kilogram .

Mengenai adanya kenaikan harga jual gula, diakuinya karena ada kenaikan harga gula secara nasional, didalam negeri maupun di tingkat internasional.

Dimana menurutnya, harga jual tersebut mengacu pada surat edaran Badan Ketahanan Pangan Nasional, bernomor : 1105/B/11/2023, tentang harga gula yang di tetapkan tanggal 3 November 2023 yaitu sebesar Rp.16.000/kg dan untuk daerah Maluku serta Papua harga gula pasir yang di tetapkan Badan Ketahanan Pangan Nasional sebesar Rp.17.000/kg.

Keluarnya surat edaran Badan Ketahanan Pangan Nasional, prihalnya terkait penyesuaian harga gula kosumsi di tingkat konsumen. Ini berdasarakan hasil rapat koordinasi lintas kementerian dan lembaga pada tanggal  tanggal 31 Oktober 2023.

“surat edaran tersebut sudah disebarkan ke asosiasi pengusaha retail, HIPPINDO, APRINDO dan lembaga lainya,” katanya.

Oleh sebab itu dirinya menghimbau, kepada seluruh lapisan masyarakat di Bangka Belitung untuk jangan panic buying dalam menghadapi isu stok gula dan harga gula naik, sebab hasil pemantauan stok dan harga gula statusnya aman dan terkendali.