Biden Sambut ‘Era Baru’ Hubungan AS dan Indonesia

Internasional

WASHINGTON, Actadiurma.id – Presiden AS Joe Biden merayakan “era baru” dalam hubungan antara Amerika Serikat dan Indonesia saat ia bertemu dengan Presiden Indonesia Joko “Jokowi” Widodo di Gedung Putih pada hari Senin, meresmikan hubungan yang lebih erat dengan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dan negara kelas berat. pemain di Asia Tenggara.

Pengumuman tersebut merupakan cerminan komitmen AS terhadap kawasan sebelum Biden berangkat ke San Francisco untuk menghadiri pertemuan puncak para pemimpin Asia, di mana ia dijadwalkan bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Washington dan Beijing telah berebut pengaruh di Asia Tenggara, yang merupakan persimpangan penting bagi perdagangan dan potensi konflik global.“Ini akan menandai era baru dalam hubungan antara Amerika Serikat dan Indonesia secara keseluruhan,” kata Biden sambil duduk di sebelah Jokowi.

Ia menambahkan, Jokowi, pemimpin negara kepulauan tropis, menyebut dirinya kedinginan saat keluar dari kendaraannya di Gedung Putih. Biden bercanda, “Saya mengatakan kepadanya bahwa saya bisa membereskannya segera,” dan terjadilah api yang berkobar di perapian Ruang Oval.

Biden dan Jokowi minum teh sore hari dan bertemu dengan para penasihat utama saat mereka memulai kemitraan strategis baru mereka. Agendanya juga adalah memperluas perdagangan mineral penting seperti nikel, yang dapat digunakan untuk memproduksi baterai kendaraan listrik. Indonesia adalah produsen nikel terbesar di dunia.

Editor : Yossi