Sekjen NATO Yakinkan Kiev Terus Dapat Dukungan Penuh Hadapi Rusia

Internasional

KIEV, ActaDiurma.id – Sekretaria NATO, Jens Stoltenberg kembali menegaskan dukungan guna meyakinkan pemerintah Ukraina dalam menghadapi agresi militer Rusia yang sudah memasuki bulan ke-20.Hal ini disampaikan Stoltenberg langsung kepada presiden Volodymyr Zelensky dalam kunjungannya ke ibukota Ukraina, Kiev, Kamis, 28 September 2023.

Stoltenberg menyatakan kekagumannya terhadap pemerinrah, rakyat, prajurit, dan kepemimpinan presiden Zelensky yang sudah secara heroik menghadapi agresi militer penuh Rusia yang sudah berlangsung sejak 24 Februari 2022.“Rakyat Ukraina berjuang demi keluarga mereka, masa depan mereka, kebebasan mereka. Moskow sedang berjuang demi khayalan kekaisaran (Rusia),” kata Stoltenberg.

Lebih lanjut disampaikan Stoltenberg, sejauh ini ada sekitar 50 negara turut berpartisipasi memberikan dukungan berupa persenjataan dan amunisi kepada militer Ukraina dan tidak kurang dari 140 negara telah menyatakan pembelaan terhadap integritas kedaulatan wilayah Ukraina.

Dukungan yang dimotori oleh NATO tersebut akan terus diberikan hingga Ukraina benar-benar terbebas dari ancaman Rusia dan mampu membebaskan seluruh wilayahnya dari agresi militer dimasa mendatang.

“Sementara itu, Rusia semakin diremehkan di panggung dunia, terputus dari pasar internasional, tidak ikut serta dalam pertemuan puncak internasional, dan tidak lagi mencari senjata dari rezim seperti Iran dan Korea Utara,” kata Stoltenberg.