Perdana, Jambore Nasional Relawan Lingkungan Digelar

Nasional

BELITUNG, Actadiurma.id – Sebanyak 449 peserta dari 21 Provinsi di seluruh Indonesia hadiri acara jambore Nasional Relawan lingkungan yang digelar di Batu Mentas, Belitung pada 09-11 November 2023.

Kegiatan yang digelar oleh Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut mampu menghipnotis relawan lingkungan di seluruh penjuru Indonesia.

Dikatakan ketua Forum DAS Nasional, Prof, H. Chay Asdak pada saat upacara pembukaan bahwa, kegiatan yang diinisiasi FoeorDAS Babel merupakan sejarah awal bagi forum DAS

“Ini pertama kali dalam sejarah kita di Forum DAS yang menyelenggarakan Jambore Nasional Relawan Lingkungan. Apresiasi setinggi-tingginya untuk forum DAS Babel yang sudah 3 kali menyelenggarakan kegiatan jambore di Bangka Belitung ini,” kata Ketua FodasNas itu.

Selain itu, ia juga merasa sangat behagia dengan apa yang menjadi inisiatif ketua Fordas Babel dengan penciptaan lagu mars fordas.

“Alhamdulillah tadi saya juga mendengar Mars yang diciptakan oleh ketua Fordas Babel langsung, pak Fadillah sabri begitu luar biasa, dan ini nanti akan saya sampaikan ke ketua umum untuk menjadi pertimbangan beliau, siapa tau bisa menjadi mars Fordas seluruh indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Belitung Sahani Saleh  juga turut bahagia atas diselenggarakannya kegiatan jambore nasional di pulau belitung. ia

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Belitung, kami merasa bahagia, dan tentunya, kami menyambut baik atas dilaksanakannya kegiatan pada hari ini, sebab hal ini mencerminkan bahwa ada komunitas bagian dari masyarakat yang bersumbangsih untuk mencintai”,” ucapnya.

Ia berharap Melalui momen itu, pemerintah daerah dan relawan bisa bersama sama menjaga Lingkungan Hidup dan Daerah Aliran Sungai yang ada di Belitung maupun provinsi Bangka Belitung.

“Kami berharap bisa bersinergi bersama untuk juga memotivasi masyarakat agar peduli dan berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup, sehingga diharapkan menjadi daya tarik yang akan memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Belitung dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya.

“Apresiasi kami sampaikan kepada para panitia Jambore atas diselenggarakannya rangkaian kegiatan ini di Kabupaten Belitung pulau laskar Pelangi,” imbuhnya.