Wisata Religius Perayaan Maulid Nabi Muhammad di Desa Kemuja Bangka

Hiburan & Teknologi

Hiburan, ActaDiurma.id – Maulid Nabi Muhammad SAW adalah salah satu hari besar, di mana umat islam memperingati kehadiran Nabi Besar Muhammad SAW ke dunia, untuk menyempurnakan akhlak manusia pada 12 Rabiul Awal 571 Masehi.

Desa Kemuja merupakan salah satu desa di pulau Bangka yang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. dengan meriah, Maulid Nabi di desa Kemuja adalah momentum yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat desa Kemuja khususnya, dan umumnya masyarakat Kepulauan Bangka. Setiap tahun perayaan maulid Nabi Muhammad di Desa Kemuja diselenggarakan dengan meriah dan ramai, bahkan melebihi perayaan-perayaan peringatan hari besar Islam lainnya. Hal ini sudah menjadi tradisi dari para leluhur.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di desa Kemuja, merupakan tradisi turun temurun dari dulu hingga sekarang, yang dilaksanakan satu tahun sekali bertepatan dengan bulan Rabi’ul Awal. Biasanya dalam menyambut maulid Nabi Muhammad SAW. di desa Kemuja ini, rangkaian acara festival kesnian daerah berlangsung selama dua belas hari, dimulai dari tanggal 1 sampai puncaknya 12 Rabi’ul Awal yang diadakan di lapangan sepak bola di Desa Kemuja. Pada malam hari, beberapa hari sebelum Berbagai macam bentuk perlombaan yang diadakan seperti Nyanyian Kasidah, Rebana, Tari Dambus, dan Tari Rudat Bangka Belitung.

Editor : Yossi Nurmansyah/Tri Winardi