DPKP : 98 Persen Pasokan Bawang Merah Babel Berasal dari Jawa Timur

Lokal

PANGKALPINANG, Actadiurma.id – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencatat pasokan bawang merah Babel 98 persen dipasok dari luar daerah.

Kepala DPKP Provinsi Babel, Edi Rumdoni mengatakan, daerah pemasok bawang merah untuk Bangka Belitung yakni Brebes dan Nganjuk Jawa Timur.

“Produksi bawang merah di kita baru 2 persen, pasoknya itu dari Jawa Timur lah Brebes dan Nganjuk,” kata Edi, Rabu (8/11/2023).

Edi menargetkan, dalam jangka waktu lima tahun pasokan bawang merah Babel dapat bertambah menjadi 5 persen, dimana saat ini baru 2 persen.

“Ini kita tingkatkan terus, sebenarnya kita mau kontrak dengan petani selama lima tahun, lima tahun itu kita targetkan 5 persen,” ujarnya.

Ia merincikan, produksi bawang merah lokal saat ini baru 2 persen, cabai rawit 67 persen, beras 20 persen, kemudian cabai besar sudah lebih dari 100 persen.

“Kita harap petani kita terus konsen apa yang dikembangkan mereka saat ini. Indikasi keberhasilan petani bertambah produksi meningkat dan kesejahteraan petani,” katanya