Pengendalian Inflasi Terbaik dari 34 Daerah Penerima, Bangka Selatan Diganjar Insentif Fiskal Rp11,8 M

Lokal

BANGKA SELATAN, Actadiurma.id – Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid berhasil membawa pulang insentif fiskal sebesar Rp11,8 Miliar dari Kementerian Keuangan RI untuk Bangka Selatan lantaran meraih nilai pengendali inflasi tahun 2023 tertinggi dari 34 daerah penerima.

Penghargaan dan insentif tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama Menteri Keuangan RI Sri Mulyani kepada Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid di Gedung Shasana Bhakti Praja Lantai 3 Kemendagri, Jakarta Senin, (6 11/2023) bersama 24 Kabupaten, 6 Kota dan 3 Propinsi Seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah, hari ini kita kembali mendapatkan apresiasi dan penghargaan serta insentif anggaran oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementrian Keuangan atas kinerja Pemerintah daerah sebagai Kabupaten Pengendalian Inflasi Terbaik bersama 24 Kabupaten, 6 Kota dan 3 Provinsi diseluruh Indonesia. Bangka Selatan mendapat tambahan insentif anggaran sebesar Rp11,8 Miliar dan meraih nilai tertinggi dari 34 daerah yang menerima insentif,” Katanya, Senin (06/11/2023).

Hasil capaian kinerja tersebut kata Bupati Riza merupakan hasil kolaborasi semua pihak dan stakeholder terkait di Bangka Selatan yang telah telah berupaya bersama-sama dalam menekan inflasi di Bangka Selatan.

Menurut Bupati Riza, Pengendalian inflasi daerah merupakan salah satu program strategis yang secara kontinu akan terus diterapkan dan dievaluasi.

“Ini penting karena inflasi yang tinggi akan menyebabkan pendapatan masyarakat tergerus. Berbagai program pengendalian inflasi yang sudah kita lakukan antara lain gerakan memanfaatkan pekarangan untuk budidaya cabai dan sayuran, bazar sembako bersubsidi yang rutin saat kegiatan Aik Bakung, operasi pasar Disperindag, subsidi ongkir produk UKM, bantuan UKM dan termasuk menjaga suplai stok barang kebutuhan masyarakat, terutama pada momen hari hari besar salah satunya dengan melakukan sosialisasi belanja cerdas kepada masyarakat agar tidak melakukan aksi borong menjelang hari raya. keseluruhan kegiatan tersebut berjalan cukup efektif,” Katanya.
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani menyerahkan insentif daerah pengendali inflasi terbaik kepada Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid. (Foto: Istimewa).