Kesepakatan Perdagangan Bebas Antara UE dan Australia Gagal

Internasional

SYDNEY, Actadiurma.id – Kesepakatan perdagangan bebas antara Uni Eropa dan Australia telah gagal meskipun terdapat optimisme sejak awal, dan Canberra pada hari Senin mengatakan bahwa hal tersebut dapat memakan waktu bertahun-tahun hingga perundingan dapat dilanjutkan kembali.

Sejak tahun 2018, diskusi yang melelahkan telah membahas segala hal mulai dari bahan kimia hingga kosmetik, namun berulang kali menemui jalan buntu mengenai akses pasar untuk produk-produk Australia seperti daging sapi dan daging domba.

Menteri Pertanian Australia Murray Watt mengatakan para perunding UE menolak untuk mengalah dalam putaran perundingan terakhir, yang diadakan di sela-sela pertemuan Kelompok Tujuh (G-7) di Jepang.

“Sayangnya kami tidak mendapatkan tindakan yang diperlukan dari pihak UE,” katanya kepada stasiun televisi nasional ABC pada hari Senin.

Watt mengatakan kecil kemungkinan perundingan akan dilanjutkan selama “masa jabatan Parlemen saat ini” – yang menunjukkan bahwa pemerintah Australia mungkin tidak akan kembali ke meja perundingan sampai setelah pemilihan umum tahun 2025.

“Saya pikir akan memakan waktu cukup lama sebelum pemerintah Australia atau pemimpin UE mana pun dapat menegosiasikan kesepakatan. Dan itu agak disayangkan,” tambah Watt.

Editor : Yossi Nurmansyah