AS Menyerang Situs-Situs yang Terkait dengan Iran di Suriah

Internasional

SURIAH, Actadiurma.id – Serangan udara tersebut merupakan respons terhadap meningkatnya serangan drone dan rudal terhadap pangkalan AS di wilayah tersebut dan bertujuan untuk mencegah ancaman di masa depan, Dua jet tempur F-16 yang menggunakan amunisi presisi melakukan serangan udara, kata departemen pertahanan AS.

Amerika Serikat melancarkan serangan udara terhadap dua lokasi di Suriah timur yang terkait dengan Korps Garda Revolusi Islam, kata Menteri Pertahanan Lloyd Austin pada Kamis.

“Serangan pertahanan diri yang tepat ini merupakan respons terhadap serangkaian serangan yang sedang berlangsung dan sebagian besar tidak berhasil terhadap personel AS di Irak dan Suriah yang dilakukan oleh kelompok milisi dukungan Iran yang dimulai pada 17 Oktober,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Serangan udara terjadi sekitar pukul 04:30 waktu setempat (0130 GMT) pada hari Jumat di dekat Abu Kamal, sebuah kota di Suriah yang berbatasan dengan Irak. Jet tempur F-16 AS menyerang fasilitas penyimpanan senjata dan amunisi, kata seorang pejabat senior AS kepada kantor berita AP tanpa menyebut nama.

Presiden Joe Biden mengizinkan serangan tersebut dengan tujuan mencegah ancaman di masa depan. Minggu lalu terjadi peningkatan serangan drone dan rudal terhadap pangkalan dan personel AS di wilayah tersebut.

Editor : Yossi Nurmansyah