Toyota Siap Gandeng CATL Bangun Pabrik Baterai di Indonesia

Nasional

TOKYO, Actadiurma.id – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengungkapkan rencana investasi baterai di Indonesia.

Pasalnya, Toyota Motor Co akan berkolaborasi dengan Contemporary Amperex Technology Co. Ltd (CATL).

Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam mengatakan Toyota Indonesia selalu terbuka untuk berkolaborasi dalam memperkuat ekosistem kendaraan listrik.

“Kami terbuka untuk berkolaborasi dengan pihak manapun, termasuk CATL, karena kami tidak bisa mengembangkan kendaraan ini sendirian,” ujarnya di sela-sela Japan Mobility Show 2023, Rabu (25/10/2023).

Bob menambahkan, lokalisasi memang penting dalam pengembangan kendaraan listrik, namun untuk mencapai itu harus dibentuk pasar terlebih dahulu. Insentif dari pemerintah juga diperlukan.

“Butuh waktu untuk mencapainya, karena harga mobil listrik masih mahal,” ujarnya.

Sebelumnya, Toyota Motor Co mengungkap rencana pengembangan ekosistem baterai di Indonesia. Prinsipal otomotif asal Jepang ini akan berkolaborasi dengan Contemporary Amperex Technology Co. Ltd (CATL)

Hal tersebut disampaikan langsung oleh President & Executive Chief Engineer Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing Co. Ltd. Yoshiki Konishi. Grup Toyota disebut-sebut akan menjalin kerja sama dengan CATL. Kerjasama yang dilakukan adalah memproduksi baterai untuk industri otomotif.

“Kami akan berkolaborasi dengan CATL yang sudah membangun industri baterai, kami akan memasok tidak hanya Toyota,” ujarnya saat ditemui media di Tokyo, Selasa (24/10/2023).

Editor : Yossi Nurmansyah