Gita KDI dan Barongan akan Meriahkan Peringatan Hari Jadi ke-289 Kota Mentok

Lokal

BANGKA BARAT, Actadiurma.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangka Barat (Babar) menyiapkan sejumlah kegiatan untuk memeriahkan perayaan Hari Jadi ke-289 Mentok. Salah satunya penampilan Gita KDI di malam puncak perayaan.

Kepala Disbudpar Babar, Muhammad Ali sebelum menuju malam puncak akan ada rangkaian acara lainnya yang digelar selama tiga hari pada 25-28 Oktober 2023 mendatang. Yaitu lomba permainan tradisonal dan terbagi empat kategori.

Dan akan berlangsung selama tiga hari pada 25-27 Oktober 2023. Juara satu akan mendapatkan hadiah senilai Rp3,4 juta, juara dua Rp2,8 juta, juara tiga Rp2 juta, juara harapan satu Rp1,6 juta, harapan dua Rp1,2 juta dan harapan tiga Rp1 juta dipotong pajak

“Lomba kedua ialah lagu melayu, sama itu berlangsung selama tiga hari dari tanggal 25 sampai 27 Oktober 2023. Juara satu dapat 2.350.000. Juara dua 1.750.000, tiga 1,5 juta dan harapan satu 1 juta, harapan dua 750 ribu, harapan tiga 500 ribu,” ujar Muhammad Ali, Kamis (26/10/2023).

“Ketiga ada lomba drum band pada 26 Oktober 2023. Untuk kategori umum juara satu dapat uang tunai 7 juta, dua 5 juta dan ketiga 2,5 juta. Sementara untuk kategori SD akan mendapatkan uang tunai senilai 2,5 juta, dua 2 juta dan ketiga 1 juta,” tuturnya.

Ali menambahkan, selain ketiga lomba diatas, diadakan juga beberapa lomba lainnya yang kian menyemarakkan hari ulang tahun ibukota Kabupaten Bangka Barat itu.

“Selanjutnya lomba karnaval budaya itu berlangsung pada 28 Oktober 2023, satu hari. Yang juara satu dapat uang tunai 17 juta, juara dua 10 juta, juara tiga 7,5 juta, harapan satu 5 juta, juara harapan dua 3,5 juta dan juara harapan tiga 2 juta,” tuturnya.

“Kemudian di hari yang sama tanggal 28 Oktober 2023 ada juga kegiatan kirab budaya. Kegiatan ini akan berlangsung mulai jam 07.00 dengan peserta dari dinas, kantor, badan, lembaga, instansi pemerintah dan swasta,” ucapnya.

Sementara pada malam puncak pihaknya telah mengagendakan konser dengan Gita KDI sebagai penampil utama yang siap memberikan penampilan.

“Jadi untuk malam puncak festival jiran nusantara hari jadi Kota Mentok tahun ini yang akan digelar pada 28 Oktober 2023 di Lapangan Gelora Mentok itu akan dimeriahkan oleh artis ibukota Gita KDI,” ujar Kepala Disbudpar Babar Muhammad Ali.

Selain menghadirkan juara KDI di tahun 2020 asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu, pada malam puncak nanti juga akan dimeriahkan berbagai penampilan dan pertunjukan. Seperti Tarian Mentok Kota Seribu Kue, band lokal, barongsai hingga pencak silat.

“Sebenarnya rangkaian acara perayaan hari jadi Kota Mentok ini sudah kita gelar pada bulan September lalu yaitu pameran bonsai di Museum Timah Indonesia Mentok. Dan ada lomba menganyam ketupat, mengenal tanaman dan adu betason,” ujarnya.

“Tiga lomba itu kita gelar di Sekolah Alam Taman Wisata Edukasi Mentok berkat kerja sama dengan Komunitas Kota Pusaka Mentok atau Mentok Heritage Community. Namun, lomba itu tidak dibuka untuk umum, hanya untuk di Kecamatan Mentok saja,” katanya.