Desa Beluluk Masuk Nominasi Tiga Terbaik Kampung Pancasila KSAD Award 2023

Lokal

BANGKA TENGAH, Actadiurma.id – Desa Beluluk Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah masuk dalam nominasi Tiga terbaik Kampung Pancasila KSAD Award tahun 2023. Dalam penilaian akhir ini, Desa Beluluk di kunjungi langsung Ketua Tim Penilai Kampung Pancasila Kolonel. Arm. Stefy Jantje Nuhunjanan bersama tim penilai lainya.

Sejumlah fasilitas desa pun turut di tinjau oleh tim penilai dan di dampingi langsung oleh Bupati Bangka, Algafry Rahman.

“KSAD Award Kampung Pancasila ini adalah program unggulan dari Kasad yang mencoba untuk meramu dalam suatu perlombaan bagi seluruh daerah se Indonesia. Awal kita menemukan sebanyak 30 kandidat juara dan kemudian kita melakukan penilaian-penilaian, sehingga terpilihlah 6 wilayah di Indonesia. Setelah berbagai proses penilaian maka terpilihlah 3 wilayah perkotaan terbaik di Indonesia, salah satunya adalah Desa Beluluk ini. Makanya kita secara langsung datang kesini untuk melakukan penilaian langsung,” ujar Ketua tim penilai KSAD Award Kampung Pancasila, Kol. Arm. Stefy Jantje Nuhunjanan pada Selasa (24/10/2023).

Salah indikator indikator penilaiannya yakni bagaimana kehidupan toleransi antar masyarakat yang ada di desa, kemudian bagaimana implementasi dari butir-butir dari Pancasila.

“Indikator penilaiannya ini yakni bagaimana kehidupan toleransi antar masyarakat di desa ini, kemudian bagaimana masyarakat mengimplementasikan butir-butir dari Pancasila tersebut,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengaku sangat bersyukur salah satu desa yang ada di daerahnya terpilih sebagai 3 desa nominator pemenang Kasad Award Kampung Pancasila.

“Saya sangat bersyukur Desa Beluluk ini masuk dalam nomitor pemenang Kasad Award Kampung Pancasila. Selain itu kita bersyukur juga Kabupaten Bangka Tengah menjadi perhatian. Kita juga selalu berkoordinasi dengan Pak Dandim dan juga Pak Danrem, dan masyarakat serta stakeholder bagaimana kita menciptakan kerukunan di antara kita, dan salah satu landasan kita adalah Pancasila,” ujar Algafry.