Presiden Jokowi Menyaksikan Perjanjian Kerja Sama PLN Dengan 9 Perusahaan di ICBF 2023

Nasional

TIONGKOK, Actadiurma,id – Dalam kunjungan resminya untuk bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada tanggal 15 hingga 18 Oktober, Presiden Joko “Jokowi” Widodo, menyaksikan kesepakatan antara PT PLN (Persero) dan dua perusahaan energi bersih besar Tiongkok yang bertujuan untuk mendorong pengembangan energi terbarukan di Indonesia, di acara tersebut.

Forum Bisnis Indonesia-Tiongkok (ICBF) di Beijing, Tiongkok. Selain dua nota kesepahaman (MoU) yang disaksikan Presiden Jokowi, PLN juga menandatangani tujuh MoU tambahan dengan entitas terkemuka, antara lain The Ekspor-Impor Bank of China, Sinosure, Bank of China, Industrial and Commercial Bank of China, State Development & Investment Corp. Ltd, Huawei Tech Investment dan China Energy International Group.

Nilai kolaborasi ini berjumlah lebih dari US$54 miliar. Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menekankan tujuan kunjungannya untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Tiongkok, dengan fokus pada prioritas utama seperti peningkatan ekspor Indonesia, peningkatan investasi, dan peningkatan ketahanan pangan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo yang mendampingi Presiden Jokowi ke Beijing menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang baru terjalin dengan perusahaan energi kelas dunia di Tiongkok, dan melihat forum tersebut sebagai peluang untuk memperkuat kemitraan. Darmawan mengatakan kolaborasi dengan SGCC merupakan langkah signifikan dalam memajukan transisi energi di Indonesia.

Editor : Yossi Nurmansyah