Ledakan Rumah Sakit di Kota Gaza Menewaskan Ratusan Orang

Internasional

GAZA PALESTINA, Actadiurma.id – Ratusan orang tewas akibat ledakan di sebuah rumah sakit yang penuh sesak di Kota Gaza, kata para pejabat kesehatan. Seorang dokter mengutuk apa yang disebutnya sebagai “pembantaian” di Rumah Sakit Arab Al-Ahli, sementara dokter lainnya berbicara tentang kehancuran total yang terjadi.

Para pejabat Palestina mengatakan ledakan itu disebabkan oleh serangan udara Israel. Namun militer Israel mengatakan hal itu disebabkan oleh kegagalan peluncuran roket yang dilakukan oleh Jihad Islam Palestina – sebuah tuduhan yang dibantah oleh kelompok militan tersebut.

Pesawat tempur dan artileri Israel telah membombardir Gaza sebagai tanggapan atas serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober oleh kelompok militan utama Palestina, Hamas, yang menewaskan 1.300 orang.Lebih dari 3.000 orang dilaporkan tewas akibat serangan di Gaza.

Ledakan di rumah sakit tersebut mengancam upaya untuk menyelesaikan krisis kemanusiaan di sana, dengan Yordania membatalkan pertemuan puncak yang direncanakan pada hari Rabu antara Presiden AS Joe Biden, Raja Abdullah dan para pemimpin Palestina dan Mesir.Biden masih melakukan perjalanan ke Tel Aviv untuk menunjukkan “solidaritas negaranya dengan Israel” dan “komitmen kuat terhadap keamanannya”.

Editor : Yossi Nurmansyah