Presiden Jokowi Tingkatkan Kemitraan Strategis dengan Tiongkok Dalam Kunjungan Resmi

Nasional

TIONGKOK, Actadiurma.id – Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Li Qiang di Diaoyutai State House, Beijing, RRT. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi mengungkapkan apresiasinya terhadap kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia dan RRT yang telah berkembang sangat baik selama 10 tahun terakhir (17/10).

“RRT telah menjadi mitra dagang terbesar Indonesia dan juga investor terbesar kedua di Indonesia,” ujar Presiden Jokowi. Beliau juga menekankan bahwa kerja sama antara kedua negara ini akan memperkuat stabilitas dan perdamaian regional maupun internasional.

Presiden Jokowi juga membahas sejumlah kerja sama penting, terutama di bidang investasi dan infrastruktur, termasuk proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN). Ia mengapresiasi rencana kerja sama desain antara Otoritas Ibu Kota Nusantara dan Shenzen, serta minat sektor swasta Tiongkok dalam proyek perumahan dan kesehatan di IKN.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi meminta dukungan dari PM Li Qiang untuk mempercepat realisasi investasi Tiongkok di IKN. Ia juga meminta dukungan untuk rencana penandatanganan MoU dalam pembangunan kawasan industri hijau di Kalimantan Utara dan proyek tenaga angin serta tenaga surya

Editor : Yossi Nurmansyah