Xi Jinping Meningkatkan Pengaruh Tiongkok di Dunia dengan Forum the Belt and Road

Internasional

TIONGKOK, Actadiurma.id – Pemimpin tertinggi Tiongkok, Xi Jinping, mendirikan Inisiatif the Belt and Road satu dekade untuk menggunakan kekuatan ekonomi Tiongkok guna memperbesar kekuatan geopolitiknya dan melawan pengaruh Amerika Serikat dan negara-negara industri demokrasi lainnya.

Sejak itu, Tiongkok telah menyalurkan hampir $1 triliun ke sebagian besar negara berkembang, sebagian besar dalam bentuk pinjaman, untuk membangun pembangkit listrik, jalan, bandara, jaringan telekomunikasi, dan infrastruktur lainnya.

Xi Jinping telah menggunakan keahlian keuangan dan infrastruktur Tiongkok untuk menyatukan negara-negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, dan sebagian Eropa Timur dan Selatan.

Belt and Road telah menetapkan peran Tiongkok dalam pembangunan global yang menyaingi Amerika Serikat dan Bank Dunia. Namun terlepas dari pengaruh yang diberikan kepada Beijing, inisiatif ini telah berkontribusi pada tingkat utang yang tidak terjangkau bagi banyak negara miskin.

Tiongkok juga memberikan kontrak kepada perusahaan-perusahaannya sendiri dan dalam beberapa kasus membangun proyek-proyek yang mahal dan di bawah standar yang tidak memacu pertumbuhan ekonomi.

Editor : Yossi Nurmansyah