Indonesia Waspada, Berapa Banyak Kapal Selam Bertenaga Nuklir Untuk Australia

Internasional

AUSTRALIA, Actadiurma.id – Pengumuman transisi Australia ke kapal selam serang bertenaga nuklir (SSN) pada bulan September 2021 di bawah program AUKUS mengindikasikan bahwa “setidaknya delapan” akan diperoleh. Baru-baru ini, retorika tersebut telah menguat menjadi delapan, dengan direktur program mengatakan kepada komite Senat pada bulan Mei bahwa akan ada tiga SSN kelas Virginia dan lima SSN AUKUS.

Wakil Laksamana Jonathan Mead menyiratkan bahwa ini adalah keseluruhan program dan keputusan selanjutnya akan diserahkan kepada pemerintahan masa depan. Keputusan untuk berhenti di delapan kapal selam mengabaikan pertimbangan strategis, industri, dan personel penting yang menentukan jumlah kapal selam yang diperoleh Australia.

Sejak buku putih pertahanan tahun 2009, tinjauan berturut-turut telah menegaskan kebutuhan akan 12 kapal selam yang didukung oleh pangkalan di setiap pantai yang menyediakan infrastruktur khusus, bengkel, dan staf skuadron kapal selam.

Meskipun tenaga nuklir memberikan mobilitas yang jauh lebih besar, kapal selam hanya dapat berada di satu tempat dalam satu waktu. Ketika posisinya terungkap melalui deteksi balasan atau tindakan ofensif yang dilakukannya, ketidakpastian mengenai lokasinya akan hilang dan dengan demikian, nilai pencegahannya akan berkurang untuk jangka waktu tertentu.

Editor : Yossi Nurmansyah