Jokowi Akan Menghadiri Forum Belt and Road Tiongkok Minggu Depan

Nasional

NASIONAL, Actadiurma.id – Presiden Joko “Jokowi” Widodo dijadwalkan menghadiri Forum Belt and Road Tiongkok minggu depan, menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal.

Tiongkok akan menjadi tuan rumah Forum yang ketiga di Beijing pada 17-18 Oktober. Acara ini menandai satu dekade, yang mana Tiongkok berinvestasi dalam program pembangunan infrastruktur di seluruh dunia. Program kolosal ini kini telah menjangkau lebih dari 150 negara, termasuk Indonesia. Proyek-proyek di bawah inisiatif ini termasuk kereta api berkecepatan tinggi Jakarta-Bandung atau Whoosh yang baru saja diluncurkan senilai $7,3 miliar.

“Presiden Jokowi dipastikan hadir [Belt and Road Forum],” kata Lalu kepada wartawan di Jakarta, Jumat. “Bagi Indonesia, forum ini terkait dengan pembangunan infrastruktur dalam negeri kita. Kami ingin membangun infrastruktur terbaik di dalam negeri, namun hal itu tidak akan mungkin terjadi tanpa kemitraan dengan pemangku kepentingan lainnya, baik di dalam maupun luar negeri,” kata Lalu.

Menurut Lalu, pertemuan bilateral antara Jokowi dan Presiden Tiongkok Xi Jinping masih dalam tahap pembahasan. Jokowi diperkirakan akan membawa beberapa menteri dan delegasi bisnisnya dalam perjalanannya ke Beijing. Namun Lalu tidak menyebutkan nama delegasi bisnis atau menteri yang akan mendampingi Jokowi.(**)