ASEAN Disability Forum 2023 Menghasilkan Rekomendasi Bagi Penyandang Disabilitas

Internasional

INTERNASIONAL ASEAN, Actadiurma.id – Forum Disabilitas ASEAN telah menghasilkan “Rekomendasi Makassar” untuk memperkuat komitmen pemberdayaan masyarakat, mewujudkan inklusivitas, dan mengangkat martabat penyandang disabilitas. Rekomendasi-rekomendasi ini dihasilkan pada ASEAN High Level Forum on Disability Inclusive Development and Partnership beyond 2025 di Makassar pada 10-12 Oktober 2023.

Rekomendasi tersebut disampaikan setelah negara-negara anggota ASEAN peserta yang dipimpin oleh Indonesia merumuskan rancangan rekomendasi. Forum yang dihadiri sekitar 200 peserta ini merupakan salah satu rangkaian KTT ASEAN yang dipimpin oleh Indonesia. Selain negara-negara anggota ASEAN, hadir juga peserta dari Amerika Serikat, Inggris, Australia, serta dari Sekretariat ASEAN, berbagai organisasi penyandang disabilitas, ASEAN Disability Forum dan berbagai mitra lainnya.

Para peserta bersama-sama merumuskan strategi inovatif untuk mewujudkan inklusivitas sosial-regional, pemberdayaan penyandang disabilitas, dan memperkuat kemitraan. Forum ini berharap ASEAN akan menjadi episentrum pertumbuhan inklusif yang berkelanjutan.

Editor : Yossi Nurmansyah/Tri Winardi