Teleskop NASA Melihat Super Jupiter

Hiburan & Teknologi

NASA, Actadiurma.id – Super Jupiter telah terlihat di sekitar bintang tetangganya oleh Teleskop Luar Angkasa Webb — dan ia memiliki orbit super.

Planet ini kira-kira berdiameter sama dengan Jupiter, tetapi massanya enam kali lipat. Atmosfernya juga kaya akan hidrogen seperti di Jupiter.

Satu perbedaan besar: Planet ini memerlukan waktu lebih dari satu abad, mungkin 250 tahun, untuk mengelilingi bintangnya. Jaraknya 15 kali lipat dari bintangnya dibandingkan jarak Bumi ke matahari.

Para ilmuwan telah lama menduga ada planet besar yang mengelilingi bintang ini yang berjarak 12 tahun cahaya, namun tidak sebesar atau jauh dari bintangnya. Satu tahun cahaya sama dengan 5,8 triliun mil. Pengamatan baru ini menunjukkan planet tersebut mengorbit bintang Epsilon Indi A, bagian dari sistem bintang tiga.

Sebuah tim internasional yang dipimpin oleh Elisabeth Matthews dari Max Planck Institute for Astronomy di Jerman mengumpulkan gambar tersebut tahun lalu dan mempublikasikan temuannya pada hari Rabu di jurnal Nature.