Apresiasi Penutupan PON XXI 2024, Pj Gubernur Sugito: Ini Momentum Perkuat Semangat Olahraga di Daerah

Lokal

DELI SERDANG, Actadiurma.id – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Sugito menghadiri secara langsung penutupan PON XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024, yang secara resmi ditutup oleh Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy di Stadion Utama Sumatera Utara, Deli Serdang, pada Jumat (20/9/2024).

“Saya mewakili pemerintah Republik Indonesia dengan ini PON ke-21 2024 saya nyatakan ditutup,” ujar Menko Muhadjir menutup PON XXI.

Gelar juara PON 2024 diraih provinsi Jawa Barat yang meraih 195 emas, 163 perak, dan 182 perunggu. Jabar mengungguli DKI Jakarta yang berada di peringkat kedua dengan 184 emas, 150 perak, dan 145 perunggu.

“Selamat kepada para atlet kontingen yang telah meraih juara dan meraih prestasi, sedangkan yang belum berhasil jangan berkecil hati masih banyak kesempatan masih banyak peluang untuk kalian semua meraih prestasi gemilang di masa yang akan datang,” ucapnya.

Menpora Dito Ariotedjo dalam sambutannya menyebutkan bahwa pada PON kali ini juga memecahkan banyak rekor di berbagai cabang olahraga. Rekor nasional dari atletik, renang, selam kolam, angkat besi, panjat tebing, dan menembak yang mencetak rekor-rekor nasional.

“Yang tak kalah spesial atlet lari Sumatera Utara Nela Agustin yang berhasil memecahkan tiga rekor nasional meskipun belum menjadi atlet nasional. Inilah bukti bahwa bibit unggul dari berbagai pelosok negeri memiliki potensi besar yang perlu kita asah dan dukung,” ujar Menpora.

Pj. Gubernur Sugito mengapresiasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung dengan sukses. Menurutnya, acara ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebagai momentum bagi kita semua untuk memperkuat semangat olahraga di daerah kita.

“Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada atlet melalui program pelatihan yang lebih baik, akses fasilitas olahraga yang memadai, serta dukungan untuk pengembangan karier mereka,” ujar Pj. Gubernur Sugito.

Setelah PON ini selesai, Ia juga berharap hasil yang telah diraih oleh para atlet akan menjadi motivasi dan inspirasi bagi generasi selanjutnya untuk berprestasi di bidang olahraga.

“Kami berharap keberhasilan yang diraih saat ini dapat memacu lebih banyak anak muda untuk aktif berolahraga dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan olahraga, sehingga menciptakan budaya olahraga yang kuat di tengah masyarakat,” harapnya.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian kita ini, mulai dari atlet, pelatih, hingga para relawan. Doa dan dukungan seluruh masyarakat Prov. Kep. Bangka Belitung akan selalu menyertai perjalanan olahraga kita ke depan,” pungkasnya.

Acara penutupan PON XXI yang dipandu oleh artis Choki Sitohang dan Astrid Tiar ini juga turut dihadiri oleh Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono, Ketua Panitia Besar (PB) PON XXI Aceh Safrizal ZA, Ketua PB Sumatera Utara Agus Fathoni, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn nasional Marciano Norman, dan Wakapolri Komjen Agus Andrianto.

Penulis: Lisia Ayu
Foto: Vinza
Editor: Listya