Harga Sony PS5 Pro Menjadi Kejutan Besar

Hiburan & Teknologi

TOKYO, Actadiurma.id – Jepang mungkin saja yang menciptakan merek PlayStation, namun harga konsol generasi terbaru tidak termasuk semua merek kecuali yang paling hardcore, kata Gearoid Reidy dari Bloomberg Opinion. Berapa yang akan Anda bayarkan untuk memainkan video game terbaru? Bagaimana dengan setengah gaji bulanan Anda untuk dibawa pulang?

Itulah yang mungkin harus dibayar oleh rata-rata konsumen Jepang berusia 20-an untuk mendapatkan PlayStation kelas atas. Sony Group mengumumkan minggu lalu bahwa PlayStation 5 Pro, versi lengkap dari konsol yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 seharga ¥43,978 (US$310), akan dijual seharga ¥119,980 (US$847), termasuk pajak, di negara yang memberi merek tersebut ke seluruh dunia. Ini adalah pertama kalinya konsol PlayStation berharga lebih dari ¥100,000, sebuah hambatan psikologis yang penting di negara yang harga dan gajinya sudah lama stagnan. Ini hampir tiga kali lipat dari harga PS4 Pro ketika mulai dijual pada bulan November 2016, dan tentu saja gajinya belum naik tiga kali lipat pada saat itu. Kenaikan yang terjadi baru-baru ini untuk mengimbangi inflasi belum memberikan pengaruh yang signifikan.

Para gamer di negara ini tidak senang. Tentu saja, melemahnya yen merupakan salah satu faktor utama, dengan perkiraan terbaru Sony mengasumsikan nilai tukar ¥148 terhadap dolar tahun ini. Dan konsumen di belahan dunia lain juga mengeluhkan hal ini, dengan kisaran harga US$699,99, £699,99 (US$923) dan €799,99 (US$890) yang belum pernah terjadi sebelumnya.