Presiden Jokowi Soal Kunjungan Anaknya Kaesang ke KPK

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Presiden Joko “Jokowi” Widodo tidak banyak berkomentar mengenai kunjungan putra bungsunya Kaesang Pangarep baru-baru ini ke KPK untuk mengklarifikasi perjalanan jet pribadinya yang mewah ke AS.

Kaesang menjadi sorotan media setelah video dirinya melakukan perjalanan jet pribadi Gulfstream G650 bersama istrinya Erina Gudono beredar di internet. Video tersebut menimbulkan spekulasi korupsi. Kaesang, ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI), menuju ke kantor KPK pada hari Selasa untuk memberikan penjelasan kepada lembaga antirasuah tersebut.

“Saya hanya akan mengatakan bahwa setiap orang sama di mata hukum. Itu saja,” kata Jokowi kepada wartawan usai membuka forum panas bumi di Jakarta, Rabu.

Pada Rabu, Kaesang menuju kantor KPK bersama kuasa hukumnya Nasrullah, Sekretaris Ketua PSI Raja Juli, dan juru bicaranya Francine Widjojo. Kaesang mengatakan bahwa dia hanya “menumpang jet pribadi temannya ke AS”. Kunjungan KPK tidak berlangsung lama. Kaesang mengaku datang ke KPK atas inisiatifnya sendiri, namun membantah ada pemanggilan terhadap dirinya oleh lembaga antirasuah.

Menurut Francine, Kaesang sudah mengisi formulir suap. Dia menambahkan: “Sekarang kita menunggu instruksi lebih lanjut dari KPK. Kami disuruh mengisi formulir suap dan nanti KPK akan memutuskan apakah itu [jet pribadi] termasuk dalam kategori suap.”