Anies Baswedan Tolak Tawaran PDI-P Mencalonkan Gubernur Jabar

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan dilaporkan menolak tawaran Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) untuk mencalonkan diri sebagai calon gubernur Jawa Barat, hanya beberapa jam sebelum batas waktu pendaftaran calon pada Kamis malam.

“Anies tidak akan mencalonkan diri di Jawa Barat,” kata juru bicara Anies, Sahrin Hamid, melalui pesan singkat.

Sebelumnya, Pengurus PDI-P Jawa Barat mengungkapkan bahwa partainya telah memperpanjang tawaran gubernur kepada Anies. Namun, ketika batas waktu pendaftaran semakin dekat — sebelum pukul 22.00, dua jam sebelum penutupan — dia belum memberikan tanggapan pasti.

Seandainya Anies menerima tawaran tersebut, ia harus hadir di KPU Jawa Barat sebelum tengah malam untuk melengkapi pendaftarannya. Selain itu, dia juga akan diminta untuk menyerahkan Pemeriksaan Catatan Pidana ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk memenuhi persyaratan administrasi.

Laporan sebelumnya menyebutkan bahwa Anies telah meminta dukungan PDI-P untuk masa jabatan berikutnya di Jakarta, namun partai tersebut akhirnya memilih eksekutifnya sendiri sebagai kandidat untuk jabatan gubernur dan wakil gubernur di ibu kota.