Rusia Melancarkan Serangan Rudal dan Drone Besar-Besaran ke Ukraina

Internasional

KYIV, Actadiurma.id – Rusia meluncurkan lebih dari 100 rudal dan sekitar 100 drone penyerang ke Ukraina pada jam sibuk pagi hari pada Senin (26 Agustus), menewaskan sedikitnya lima orang dan menyerang fasilitas energi nasional, kata para pejabat.

Pemadaman listrik dan pemadaman pasokan air dilaporkan terjadi di banyak tempat, termasuk sebagian Kyiv, ketika para pejabat mengatakan serangan tersebut – dua setengah tahun setelah invasi besar-besaran Rusia – menargetkan listrik atau infrastruktur penting lainnya di setidaknya 10 wilayah. Rusia secara dramatis meningkatkan serangannya terhadap jaringan listrik Ukraina pada bulan Maret yang menurut Kyiv merupakan upaya bersama untuk menurunkan sistem listrik menjelang musim dingin ketika orang-orang paling membutuhkan listrik dan pemanas.

Peluncuran rudal dan drone pada hari Senin adalah yang paling intens yang dilakukan Rusia dalam beberapa minggu terakhir, terjadi ketika Ukraina mengklaim wilayah baru dalam serangan besar-besaran lintas batas ke wilayah Kursk di selatan Rusia, sementara pasukan Rusia terus bergerak maju di timur Ukraina, mendekati pusat transportasi Pokrovsk.

“Itu adalah salah satu serangan gabungan terbesar. Lebih dari seratus rudal dari berbagai jenis dan sekitar seratus drone Shahed. Dan seperti kebanyakan serangan Rusia sebelumnya, serangan ini sama liciknya, menargetkan infrastruktur sipil yang penting,” kata Presiden Volodymyr Zelenskyy. Telegram.

Menurut Perdana Menteri Denys Shmyhal, 15 wilayah mengalami kerusakan. Zelenskyy mengatakan sektor energi telah mengalami “banyak kerusakan”.