Filipina Mengatakan Tiongkok Menembakkan Suar ke Pesawatnya di Laut Cina Selatan

Internasional

MANILA, Actadiurma.id – Filipina pada Sabtu (24 Agustus) menuduh Tiongkok baru-baru ini menembakkan suar ke salah satu pesawatnya saat mereka berpatroli di Laut Cina Selatan.

Beijing mengklaim sebagian besar jalur perairan strategis tersebut dan terlibat dalam konfrontasi maritim yang menegangkan dengan Manila dalam beberapa bulan terakhir, sehingga memicu kekhawatiran akan konflik bersenjata yang dapat melibatkan Amerika Serikat, sekutu militer Filipina. Sebuah jet tempur Tiongkok “terlibat dalam manuver yang tidak bertanggung jawab dan berbahaya” pada 19 Agustus ketika pesawat Biro Perikanan dan Sumber Daya Perairan (BFAR) melakukan “penerbangan kesadaran domain maritim” di dekat Scarborough Shoal, kata Satuan Tugas Nasional untuk Laut Filipina Barat.

“Pelecehan” Tiongkok yang tidak beralasan termasuk “mengerahkan suar beberapa kali pada jarak yang sangat dekat, sekitar 15 meter dari pesawat BFAR Grand Caravan”, gugus tugas menambahkan dalam sebuah pernyataan disertai dengan klip video dari insiden tersebut.

Suar juga diluncurkan di dekat pesawat yang sama dari Subi Reef yang dikuasai Tiongkok pada 22 Agustus ketika kapal patroli tersebut “memantau dan mencegat pemburu liar yang melanggar batas Zona Ekonomi Eksklusif Filipina dan laut teritorial” Filipina, tambahnya.

Suar biasanya digunakan oleh pesawat militer sebagai umpan untuk melindungi mereka dari rudal, tetapi juga untuk penerangan.